PART 1 TARIAN CAHAYA DI MALAM HARI ? AURORA BOREALIS !!

by - 07.26


                 Kali ini saya akan membahas tentang Aurora yang merupakan fenomena alam yang sangat saya kagumi karena keindahan nya, yah saya memang belum pernah ke kutub, dingin sih soalnya di sana hehehe tapi suatu saat saya pengen lihat  sendiri fenomena alam ini. Jadi sebelum impian saya terwujud saya ingin berbagi informasi tentang aurora itu sendiri. Semoga Bermanfaat

          Aurora merupakan fenomena alam yang sangat indah yang terjadi di kedua kutub bumi. Fenomena alam ini menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer pada sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.




          Cahaya Aurora  bisa terlihat di daerah kutub utara dan selatan. “Aurora borealis” adalah nama lain dari Northern lights di kutub utara, sedangkan di kutub selatan dinamakan  Southern Lights atau “Aurora Australis”.



            Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan dari matahari yang disebut dengan plasma. Plasma adalah partikel sejenis gas yang telah terionisasi. Pada umumnya gas tidak bermuatan, tetapi karena suhu yang sangat panas di matahari menyebabkan partikel gas terionisasi, maka terbetuklah plasma. Plasma ini dipancarkan matahari ke segala arah (biasanya pada saat terjadi aktivitas matahari pancaran plasma bertambah), kemudian saat mendekati medan magnet bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan) maka plasma akan tertarik ke kutub-kutub bumi ( gejala ini disebut "angin matahari"/solar wind), saat bertemu dengan partikel atmosfer bumi terjadi eksitasi-relaksasi elektron sehingga memendarkan warna yang sangat indah. Aurora muncul pada ketinggian antara 52 s.d 71 mil (83 km s.d 113,6 km).

Aurora bisa terlihat di bumi bagian utara (Northern Lights/Aurora Borealis) dan selatan (Southern Lights/Aurora Australis), terpusat di magnet kutub bumi. Berikut Negara-negara yang ideal untuk melihat Northern Lights :
·                 Islandia
·                Norwegia
·                Swedia
·                Finlandia
·                Kanada Utara
·               Amerika (Alaska)
Syarat utama untuk menyaksikan adalah berada di lokasi yang gelap (tidak ada polusi cahaya) dan kondisi langit yang cerah (tidak berawan). Waktu yang tepat untuk menyaksikan aurora adalah antara bulan September sampai Maret setiap tahunnya.
Di samping keindahannya yang bisa kita nikmati, ternyata aurora juga memberikan beberapa dampak yang merugikan. Jaringan telekomunikasi di bumi dapat terganggu ketika sedang terjadi aurora. Proses yang terjadi saat aurora terbentuk akan melubangi lapisan atmosfer bumi. Akibatnya, sinyal yang harusnya dipantulkan kembali ke bumi dan diterima oleh alat alat elektroik yang ada di bumi justru diteruskan ke luar angkasa, sehingga alat-alat elektronik yang berada di bumi tidak mendapatkan sinyal.

Ini adalah sedikit video Aurora Borealis yang di rekam dari satelit di luar angkasa




You May Also Like

1 komentar